Surat Edaran KI Kaltara tentang Covid-19

Surat Edaran Gubernur Kaltara Tentang Covid-19

Surat Edaran KI Pusat Tentang Covid-19

Friday, March 22, 2019

Penguatan PPID dan Komisi Informasi Prov Kaltara

Diskominfo Provinsi Kalimantan Utara menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Pelayanan Informasi Publik melalui Penguatan Fungsi PPID dan Komisi Informasi di Padmaloka Hotel, 19-20 Maret 2019.
Hadir sebagai narasumber utama, Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana dan Kabag Pelayanan Informasi Biro Humas Kemenkominfo Soekartono, S.IP., M.Si. 
Ketua Komisi Informasi Prov Kaltara, Mohamad Isya dan Koordinator Bidang ASE Royan Thohuri turut memberikan materi sosialisasi dalam kegiatan tersebut.

Sosialisasi ini diikuti oleh Sekretaris Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan PPID se Kaltara. Dalam paparannya Ketua KI Pusat menyampaikan tentang perlunya penguatan kelembagaan Komisi Informasi di daerah apalagi Komisi Informasi Kaltara masih baru dibentuk. Pemahaman Badan Publik juga perlu diperkuat terkait keterbukaan informasi untuk memenuhi permohonan informasi publik, ada 3 poin yang harus dipenuhi yaitu transparansi, akuntabilitas, dan turut serta masyarakat.
Gede juga berharap PPID dapat berjalan dengan lebih baik dengan sosialisasi yang dilakukan.”Semoga dengan sosialisasi ini PPID ke depannya semakin eksis dan transparansi informasi publik dapat diketahui oleh pemohon informasi dan masyarakat umum “,ungkapnya.

Dalam Bimtek tersebut juga dilakukan Sosialisasi Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) dan Standart Operasional Prosedur (SOP) Bagi PPID dan PPID Pembantu di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltara oleh Kemenkominfo. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan penjelasan tentang penyusuan DIP dan cara memberikan informasi publik sesuai SOP, juga untuk memudahkan akses informasi bagi setiap pengguna informasi publik yaitu masyarakat. (roy)

0 comments:

Post a Comment