Thursday, April 29, 2021

KI Kaltara hadiri FGD IKP 2021


TARAKAN,  Guna mengetahui perkembangan pelaksanaan kemerdekaan pers di Kalimantan Utara, Dewan Pers dan didukung Sucofindo menggelar Focus Group Discussion (FGD) Indeks Kemerdekaan Pers tahun 2021 di Paradise Hotel by D'Calia pada hari Kamis (29/4/2021) mulai pukul 13.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Acara tersebut dibuka oleh Anggota Dewan Pers Pusat Jamalul Insan yang memberikan paparan tentang Indeks Kemerdekaan Pers dan dilanjutkan diskusi Informan Ahli dengan moderator DR. Impron, Dosen dan Peneliti IPB Bogor.

Satu bulan sebelumnya, Dewan Pers telah melakukan survei dengan melakukan wawancara tatap muka  dan daring kepada sejumlah Informan Ahli di wilayah Kalimantan Utara.

Survei Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) sepanjang bulan Januari hingga Desember tahun 2020 yang dilakukan oleh Dewan Pers, bertujuan mengidentifikasi persoalan-persoalan yang menghambat pelaksanaan kemerdekaan pers untuk dilakukan perbaikan-perbaikan.

Komisioner Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Utara Royan Thohuri, SE, Salah satu Informan Ahli IKP 2021 Kaltara, menyambut baik Focus Group Discussion yang diinisiasi Dewan Pers dan Sucofindo tersebut.

Menurut Koordinator Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi KI Kaltara ini, perhatian pemerintah maupun lembaga wartawan dan jurnalis terhadap pewarta ini masih minim. dibuktikan dengan tingkat nilai rerata yang terus merosot tiap tahunnya.

"secara umum hasil survei mengalami peningkatan, namun ada beberapa indikator yang perlu perhatian khusus untuk dilakukan perbaikan" ujarnya.



Dalam acara FGD tersebut dihadiri oleh 12 orang Informan Ahli di Kaltara yang berasal dari berbagai organisasi wartawan dan instansi pemerintah serta stake holder lainnya. 

0 comments:

Post a Comment