Sunday, June 26, 2022

KI Kaltara Gelar FGD IKIP 2022

 



Tanjung Selor, Kaltara. Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Arya Sandhiyudha hadir pada Focus Group Discussion (FGD) Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) Kalimantan Utara Tahun 2022, Jumat 24/6/22.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Crown Tanjung Selor ini telah dilaksanakan sejak Tahun 2021 merupakan program prioritas Komisi Informasi yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2019-2024.

Dalam FGD kali ini Arya menyampaikan, bahwa Indeks Keterbukaan Informasi Publik akan menganalisis 3 aspek penting yang mencakup kepatuhan Badan Publik terhadap UU KIP (obligation to tell), persepsi masyarakat terhadap UU KIP maupun haknya atas informasi (right to know), dan kepatuhan Badan Publik terhadap putusan sengketa informasi publik untuk menjamin hak masyarakat atas informasi (access to information) yang tertuang dalam 3 dimensi yakni lingkungan fisik/politik, lingkungan ekonomi dan lingkungan hukum yang terwujud dalam 85 indikator pertanyaan.



Sementara itu, Ketua Pokja Daerah Provinsi Kalimantan Barat Mohammad Isya mengemukakan, hasil penilaian ini dilakukan dengan selektif dan objektif. Melalui hasil survei dengan Informan Ahli Provinsi Kalimantan Utara, Tim Pokjda Kalimantan Utara bekerja maksimal dalam memuat data-data yang akan ditampilkan dihadapan Informan Ahli yang telah ditunjuk serta menyusun laporan penyusunan IKIP Kalimantan Utara Tahun 2022.

0 comments:

Post a Comment